English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Home » , , » TAKOYAKI AI Wisata Kuliner GOR Bekasi

TAKOYAKI AI Wisata Kuliner GOR Bekasi

Written By Anonim on Minggu, 08 Agustus 2010 | 19.42

Lezatnya Gurita Mungil Panggang Jepang Ala Indonesia

GOR Bekasi - bukankelanakuliner.com
Makanan khas Jepang memang tak ada habis-habisnya dalam hal jenis makanan lautnya. Baik yang dimakan mentah, digoreng hingga dipanggang atau dibakar. Meski ada resto besar makanan Jepang di Bekasi Square, ternyata ada juga sajian khas makanan laut hadir di Wisata Kuliner GOR Bekasi.

Kedai itu bernama Takoyaki Ai. Dalam bahasa Jepang, Tako = Gurita dan Yaki = Bakar / Panggang. Maka Takoyaki bisa berarti Gurita Bakar. Namun karena ikan gurita termasuk sulit ditemui, maka sang pengelola Takoyaki Ai menggantinya dengan cumi. "Kebetulan tekstur dan rasanya tak berbeda jauh dengan ikan gurita yang biasanya jauh lebih besar ukurannya," kilah gadis manis berjilbab pemilik gerai Takoyaki Ai ini.

"Saya sendiri sebenarnya memperoleh merk dan bumbunya dari seorang teman yang kebetulan membuka waralaba usaha ini," ujar Lisna yang kebetulan juga bekerja sebagai salah satu staf khusus Wakil Ketua DPRD Kota Bekasi.

Keinginannya menyajikan menu unik yang belum pernah ada namun punya peluang disukai oleh masyarakat Bekasi, maka Lisna memilih Takoyaki sebagai sajian khas Jepang. Bahan bakunya pun disesuaikan dengan selera orang Bekasi, sehingga Lisna memilih daging cumi sebagai pengganti gurita seperti bahan makanan asli Takoyaki di Jepang.

Saat kulinerkuliner.com mencobanya, ternyata yang ada adalah Cumi Panggang dibungkus gorengan tepung yang bisa dinikmati dengan saus khusus seperti kecap dengan rasa asam manis dan pedas. Cumi panggang yang tersaji dengan tepung goreng ini memang pas di lidah saya. Kalau bisa dinilai dengan skor skala 0 - 10, Takoyaki Ai mendapat nilai 7,5.

Tekstur daging cumi yang lembut dan khas gurihnya makanan laut berwarna putih kemerahan ini sangat pas dikombinasi renyahnya tepung terigu (atau beras) yang digoreng lumayan matang sehingga berwarna agak kecoklatan. Hmmm terlihat jelas kelezatannya bukan?

Cobalah Anda mencicipi sajian Cumi Panggang dan kombinasi lainnya seperti Takoyaki Tepu (Telur puyuh) atau Takoyaki Bakso yang tak kalah lezatnya. Sepertinya sensasi daging cumi secara lengkap bisa kita dapatkan di gerai sederhana yang baru buka kurang dari 2 bulan ini.

Ngomong-ngomong harganya relatif murah juga lo Cuy...! Untuk porsi kecilnya saja kita cuma ngerogoh Rp 12.000,- sedangkan porsi sedangnya Rp 17.000,- Dan untuk porsi besarnya gak mahal tuh, cuma Rp 22.000,- Ayo buruan serbu dan embat makanan mungil dan lezat ini!

Kayaknya belum bisa dikatakan petualang kuliner kalau belum mencoba menu makanan ala Jepang dengan sentuhan orang Bekasi. Ya Takoyaki Ai memang lebih pantas disebut makanannya orang Bekasi, karena cumi begitu mudah didapat di daerah ini. Anda tergoda untuk mencoba kelezatan daging cumi panggang dengan beragam kombinasi menu di Takoyaki Ai? Harganya pun realtif murah dan terjangkau, setidaknya Anda tak perlu merogoh lebih dari selembar Rp 50.000,- Pasti!


MENU

1. Takoyaki
2. Teriyaki
3. Tempura
4. Roti Panggang
5. Dorayaki
6. Sandwich
7. Fried Rice
8. Aneka Minuman

Silakan kunjungi gerai Takoyaki Ai di Wisata Kuliner GOR Bekasi, dekat kantor penyelenggara Wiskul GOR di sebelah selatan ini. Atau Anda bisa menghubungi (021) 9327.4925

Sidik Rizal - www.kulinerkuliner.com

Takoyaki Ai merupakan usaha waralaba makanan yang produk utamanya Takoyaki... Tako : Gurita / octopus Yaki : Panggang

Takoyaki adalah masakan yang terbuat dari tepung terigu yang berisi potongan gurita di dalamnya...

Takoyaki Ai berdiri pada tgl 30 Mei 2009, hari Minggu.

Dalam perkembangannya Takoyaki Ai berusaha melebarkan sayapnya dan membuat suatu konsep dengan yang diawali cinta dengan gaya Jepang dan cita rasa Indonesia

Alamat Pusat
Takoyaki Ai Center, Jalan Bangka Raya no.2,
Bangka, Pela Mampang, Jakarta Selatan

Alamat Cabang
Takoyaki Ai, Taman Kuliner GOR Bekasi, blok F-9
(depan kantor Walikota Bekasi)
Email : takoyakiai@yahoo.com
No Telp : 021 9891 3734 021 950 15817

1 comments:

Info Resep mengatakan...

Takoyaki (octopus balls) biasanya dijual sebagai jajanan kaki lima, namun jajanan ini dapat juga dibuat di rumah. Apapun itu, hal terpenting adalah bila Anda memiliki takoyaki grill (takoyaki-ki), akan memudahkan Anda membuat takoyaki.

Asal muasal takoyaki

Awalnya, takoyaki atau octopus balls hanyalah snack bulat berdiameter 3-5 cm yang diisi dengan potongan gurita di dalamnya, disajikan dengan saus. Takoyaki ini dijual menggunakan tusukan bambu berisi 3 bulatan per tusuknya, saat membeli kita bisa melihat aksi penjualnya yang asik mombolak-balik takoyaki di atas wajan hingga berbentuk bulat dan matang.
Dalam penyajiannya, takoyaki selalu dijual dalam bentuk porsian. 1 porsi biasanya berisi 3-10 buah dalam 1 wadah, yang selalu disertakan tusuk gigi atau sumpit sekali pakai. Di negeri asalnya takoyaki biasa dijual dalam wadah berbentuk perahu.

Takoyaki sangat tenar di Jepang, khususnya Kansai, Tokyo dan Osaka. Snack mungil ini paling nikmat bil disantap dalam keadaan panas sebagai camilan, dan saat ini di Jepang takoyaki sudah dapat dibeli dalam kondisi beku (frozen), sehingga pembeli tinggal memanaskan dalam microwafe.
Bahkan tiap rumah di Osaka biasanya memiliki wajan (loyang) takoyaki. Takoyaki digunakan sebagai makanan kebanggaan, yang sering dijadikan lauk untuk makan nasi putih. Bahan-bahan untuk membuat takoyaki tersedia secara lengkap di toko.
Wajan takoyaki merupakan salah satu perabot rumah tangga yang seharusnya dihadiahkan orangtua kepada anak perempuan yang menjadi pengantin.
Bahan asinan jahe berwarna merah (benishoga) sering pula dicampurkan ke dalam adonan. Penjual yang senang berkreasi kadangkala menambahkan keju atau konnyaku ke dalam takoyaki.
Saus yang dipakai biasanya adalah saus okonomiyaki walaupun ada juga saus khusus untuk takoyaki yang rasanya tidak jauh berbeda dengan saus okonomiyaki.
Takoyaki dengan isi yang disukai penduduk setempat (kadang-kadang tanpa gurita) berusaha diperkenalkan di negara-negara yang penduduknya merasa ngeri memakan gurita.
Saat ini, kita dapat menjumpai takoyaki dijual dengan pilihan isi dan disajikan dalam wadah cup kertas, kantung kertas maupun box mungil.

HOME - PROFIL TOKOH - INFO DAERAH - DUNIA USAHA - KULINER - PENDIDIKAN - BUDAYA - ABOUT US - CONTACT US - IKLAN - PROPERTI HOME - PROFIL TOKOH - INFO DAERAH - DUNIA USAHA - KULINER - PENDIDIKAN - BUDAYA - ABOUT US - CONTACT US - IKLAN - PROPERTI
 
Support : Webrizal | Tutorial | My Opini
Copyright © 2009-2014. Wisata-Kuliner - All Rights Reserved
Template Recreated by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger